Bold, Italic dan Underline

Pengertian

Bold adalah sebuah kata bahasa inggris yang berarti berani, tegas, jelas. Kalau dalam Microsoft Word dan Excel serta aplikasi lain pada umumnya, bold berarti huruf yang bercetak tebal. Jadi Bold berfungsi untuk menebalkan huruf pada aplikasi Microsoft Word, Excel dan aplikasi lain.

Italic adalah sebuah kata bahasa inggris yang berarti miring. Kalau dalam Microsoft Word dan Excel serta aplikasi lain pada umumnya, italic berarti huruf yang bercetak miring. Jadi italic berfungsi untuk menebalkan huruf pada aplikasi Microsoft Word, Excel dan aplikasi lain.

Underline adalah sebuah kata bahasa inggris yang berarti menggarisbawahi, menegaskan, menekankan. Kalau dalam Microsoft Word dan Excel serta aplikasi lain pada umumnya, underline berarti huruf yang bergaris bawah. Jadi unerline berfungsi untuk menggarisbawahi huruf pada aplikasi Microsoft Word, Excel dan aplikasi lain.

Cara Membuatnya

Untuk menjadikan sebuah karakter/huruf menjadi tebal, miring atau pun bergaris bawah pada aplikasi Microsoft Word, Excel dan aplikasi standar lain adalah dengan menekan menu atau ribbon atau tombol pengaktifannya. Pada umumnya tombol tersebut berhuruf B untuk Bold, I untuk italic dan U untuk underline. Cara mengaktifkannya bisa dengan menekan tombol-tombol tersebut baru kemudian mengetik, atau bisa juga dengan mengetik dulu baru mengaktifkannya dengan cara melakukan blok atau seleksi pada karakter yang ingin dijadikan bold, italic atau pun underline.

Shortcut

  • Bold : CTRL+B
  • Italic : CTRL+I
  • Underline : CTRL+U

Tutorial

Untuk tutorialnya bisa dilihat dalam video berikut :


Komentar